Senin, 23 Maret 2015

SENI ILMU PERNAPASAN



Seni Pernapasan bagi masyarakat Indonesia bukanlah hal baru, bahkan
berbondong-bondong orang belajar olahraga ini dengan niat yang beraneka ragam, dari niat ingin sehat, ingin punya tenaga dalam hingga latar belakang lainnya.
Perkembangan ilmu pernapasan hingga saat ini diminati oleh berbagai lapisan masyarakat, sehingga perguruan ataupun organisasi olahraga pernapasan tetap eksis hingga saat ini bahkan telah berkembang hingga kepelosok desa sakalipun.
Bagi seorang yang pernah mendalami latihan pernapasan baik untuk kesehatan dan tenaga dalam pasti paham betul bagaimana energi melalui olah napas yang dikelola dan disimpan didalam tubuh, tentunya tidak melupakan generator atau biasa dikenal dengan Simpul yang terdapat didalam tubuh setiap manusia.
Senam pernapasan merupakan sebuah olahraga tradisional yg memberikan pelayanan, pendidikan dan pelatihan dengan pola olah napas, olah gerak, dan olah batin serta pemanfaatan energi kehidupan yang seimbang untuk kesembuhan diri sendiri dan  orang lain.
Secara garis besar senam pernapasan atau silat pernapasansebagai alternatif sarana untuk memperoleh kesehatan yang diharapkan bisa mengefektifkan semua organ dalam tubuh secara optimal dengan olah napas dan olah fisik secara teratur, sehingga hasil metabolisme tubuh dan energi penggerak untuk melakukan aktivitas menjadi lebih besar dan berguna untuk menangkal penyakit.
Senam pernapasan memang mengutamakan olah napas yang secara khusus mengubah atau membalik sistem pernapasan biasa menjadi sistem pernapasan dada.

Sistem pernapasan dada yang dilakukan dengan kasar, halus dan lembut penuh dan perasaan, untuk mengolah sumber-sumber energi dari alam

diserap bersamaan waktu bernapas agar terbentuk suatu pusat pemasok energi yang kuat, nantinya berguna untuk mengolah makanan dan
minuman dalam metabolisme tubuh danlebih besar untuk aktivitas, serta sebagai penangkal dan penyembuh sekiranya ada organ dalam tubuh yang sakit.
Namun yang menjadi masalah dan kesulitan bagi masyarakat peminat olahraga tradisional sampai saat ini kurangnya pemahaman dan informasi yang memadai mengenai manfaat dan informasi penyembuhan senam pernapasan.
Oleh karena itu sangat perlu difahami apa pernapasan, sistem
respirasi selama olahraga, bagaimana cara/ciri olahraga senam pernafasan, dan bagaimana tata-laksananya menurut kaidah ilmu faal olahraga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar