Minggu, 25 Februari 2018

TENAGA DALAM



Manusia yang di gelar sbg ‘ahsani taqwiim’ – sebaik-baik kejadian - menyimpan jutaan misteri yg terpendam, masih banyak potensi-potensi yang sangat hebat di dalam diri kita yang belum di terbuka sepenuhnya. Pembukaan potensi-potensi inilah yang akan membawa diri manusia itu menjadi insan kamil (great man) yg mampu membuat menjadi manusia yang berguna. Salah satu potensi terpendam itu adalah Tenaga Dalam/Inner Power.
Tubuh kita terbagi kepada 2 bagian besar, yaitu tubuh fisikal dan tubuh bioplasmik. Kalau tenaga luar adalah kekuatan tulang-tulang dan otot untuk melakukan kerja-kerja fisikal, maka tenaga dalam pula kelihatan sebagai aliran gelombang tenaga yang mengalir melalui salurannya yang disebut  meridian. 
Gelombang tenaga ini dihasilkan dari metabolisme sel-sel (penghasilan ATP oleh sub-sel metokondrion), melalui pernafasan kita.

Tenaga dalam murni diolah atau dilatih melalui ritma pernafasan tertentu, yg disertai dgn gerakan2 jurus dan konsentrasi fikiran. Tenaga dlm yg terhasilkan akan disimpan pada pusat getarnya yaitu dada. Pusat getar tenaga inilah menjadi tempat tenaga dalam, yg boleh di pakai bila-bila sewaktu2 diperlukan. Semakin sering ia dilatih, maka semakin besarlah kapasitas tenaga tersebut dan semakin cerah aura (bioplasmik) maka semakin sehatlah lahir dan batin.
Mary Coddington, seorang pengarang buku In Search of the Healing Energy, mengemukakan ciri tenaga dalam sebagai berikut:
1. Mampu menyembuhkan.
2. Menembus apa saja.
3. Menyertai sinar matahari.
4. Mempunyai sifat yang mirip dengan energi lain, tapi merupakan daya lain bagi dirinya sendiri.
5. Bermuatan dan dapat dipantulkan oleh cermin.
6. Dikeluarkan oleh tubuh manusia dan dapat dikesan, khasnya dengan hujung jari atau mata.
7. Dapat dialirkan melalui media tertentu, seperti besi dan benang sutera.
8. Dapat disimpan dalam benda mati seperti air dan batu.
9. Beradaptasi dalam perubahan cuaca.
10. Dapat dikendalikan oleh fikiran.
11. Mampu mempengaruhi secara jarak jauh dan menghasilkan berbagai fenomena paranormal.
12. Dapat digunakan hanta untuk tujuan yang baik

Dalam perguruan kita Jurus Setia Prana, tenaga dalam dapat digunakan untuk :

1. Pertahanan diri
2. Meningkatkan kualitas kesehatan
3. Penyembuhan alternatif diri sendiri dan orang lain
4. Meningkatkan konsentrasi
5. Merasakan kekuatan (getaran) jarak dekat dan jauh.
6. Mengirim kekuatan (Transfer Power) jarak dekat dan jauh
7. Membuat percaya diri
Satu hal penting yang sangat perlu untuk kita buang jauh2 yaitu pesimistik kita dalam mendalami ilmu-ilmu pernafasan ini.
Karena setiap kali kita membicarakan tenaga dalam pasti orang berpikiran bahwa itu ilmu ghaib. Berbagai pertanyaan muncul apakah ia tergolong dalam sihir? Persoalan demi persoalan timbul dan yang paling ditakuti ialah bahwa itu termasuk hal yang membawa kepada sesat dan syirik. Inilah pola pemikiran yang keliru yang harus kita ubah dan jelaskan, agar semua dapat memahami bahwa tenaga dalam merupakan kelebihan potensi manusia yang timbul dari pemanfaatan unsure kimia melalui optimalisasi pernafasan kita
Memang benar tenaga dalam masuk dalam ilmu metafisika, akan tetapi metafisika itu adalah salah satu cabang ilmu sains, sama seperti fisika, biologi, matematika, chemistry dan sebagainya. Kalau kita tidak salah belajar biologi, maka tidak salah juga kita belajar metafisika karena ia juga ilmu sains
Jadi bukan terletak pada apa boleh atau tidak kita mempelajari ilmu, tapi apakah yang kita pelajari bertentangan dengan ajaran dan kuasa Allah itu yang hrs kita jawab. Selama tidak bertentangan dan menyekutukan-Nya tenaga dalam adalah ilmu yang patut dipelajari.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar